[Oneshoot] Can’t Stop

req-kim-rahay1

Student ID : Rahay™Kim

Title : Can’t Stop

Main Cast : Byun Baek Hyun | Song Yoon Hee (OC)

Support Cast : Sae Ri (Friend Yoon Hee)

Genre : Sad , School -Life , Friendship

Rating : PG-13

Length : Oneshoot

Disclaimer : FF ini  Milik saya .. Storyline milik saya . Tokoh minjem dari SM ent . dan ortu nya . . OC imajinasi saya saja

Cr : Lia Hanifa @ Indo Fanfiction Arts aka LayKim @IFA Thank you ^^

 

Disuatu pagi di kota seoul, jarum jam menunjukkan pukul 7.15 am. jalan- jalan  telah ramai oleh para pekerja kantoran ataupun para pekerja profesi lainnya yang memulai aktivitas  di pagi hari ini. seorang yeoja seperti biasa menunggu bus di halte menjadi kegiatan rutin nya dua tahun terakhir ini. dengan berpenampilan yang cukup modis namun simple menjadi gaya berpakaian nya  setiap hari nya.

Bus hijau berhenti tepat didepan nya ia pun melangkahkan kaki nya dan menaiki bus tersebut. Ia melangkahkan kaki nya dan berjalan sedikit ke dalam, mata nya menyapu pandang untuk mencari tempat dimana ia bisa duduk. Ia pun menggembungkan pipi nya.kecewa. semua kursi telah terisi oleh penumpang tanpa satu pun yang tersisa.

Mau tak mau pun akhir nya ia berdiri. Sambil melihat ke arah luar jendela,untuk bebrapa saat mata nya kosong tak menerawang. Tapi, untuk menit berikut nya mata nya membulat nyaris keluar, tatapan tak percaya nya kembali terlihat ketika pupil mata nya menangkap sosok yang benar-benar hampir ia lupakan. bahkan untuk sesaat ia benar-benar lupa akan kenyataan, mata nya enggan untuk melihat kearah lain.ia merasa fungsi organ tubuh nya tidak bekerja dengan baik sekarang.

Semua nya terasa tak terkendali. Rasa nya tenggorokan nya benar-benar kering.bahkan untuk berbicara saja rasa nya sulit sekali,tapi ia berusaha untuk membuka mulut nya lebar-lebar.

“sunbae..”  hanya satu kata yang mampu ia lontarkan dari mulut nya. Untuk seseorang yang bisa di bilang benar-benar ia rindukan. Seseorang yang di panggil sunbae itu  menoleh ke arah nya. Karena mungkin ia merasa terpanggil oleh si yeoja.  Dengan harapan yang besar semoga sunbae nya meningat diri nya.

“eo! Kau.. hoobae 75221 kan ? aku benarkan ?” tebak sunbae nya pada si yeoja itu.

“ne” tak disangka sunbae nya masih ingat pada nya,setelah sekian tahun berlalu.

“oraemanida .. hobbae-ya waah kau sudah besar sekarang.” Sapa sunbae nya. Sunbae nya lalu berdiri  dan menuju pintu keluar. Si yeoja pun ikut menuju pintu keluar karena ia tiba di tempat kerja nya. Dan ternyata mereka berdua pun turun di halte yang sama entah kebetulan atau memang  takdir  mengikuti mereka.

“kau  berkerja di mana  hoobae-ya?”  tanpa sungkan sunbae nya  memulai perbincangan.

“eo?aku kerja di hotae grup sebagai ahli pemrograman. Sunbae-neun?” si yeoja kembali bertanya.

“aku.. tempat kerjaku tidak jauh dari sini. Aahh… matta aku sudah telat.kalau begitu aku harus pergi. Sampai jumpa lain kali. Hobbae-ya” sunbae nya pun berlalu  dan  berjalan berlawanan arah dengan si hoobae. Perbincangan mereka berakhir dalam waktu yang sangat singkat. si yeoja pun melnjutkan perjalanan nya ke hotae group tempat ia bekerja.

***

Lobby sudah ramai dengan orang-orang yang lalu lalang di hotae group. Bisa di bilang hotae group juga merupakan salah satu  perusahaan  bergengsi 2 thn terakhir. Sebelum memasuki lift ia menggunakan ID card yang di gantungkan di lehernya ‘ Song yoon hee’  itulah nama yang tertulis. Pintu lift pun terbuka ia pun segera masuk dan menekan lantai 11 dimana ruang kerja nya berada . sekali-sekali  ia menggembungkan   pipi nya .pikiran nya belum  tersalurkan ke hal yang lain  apalagi yang yoon hee pikirkan selain  pertemuan singkat untuk pertama kali dengan sunbae nya itu.  Pintu lift pun terbuka.

Yoon hee tiba di lantai 11.ia pun melangkahkan kaki nya keluar lift.

“anyeonghaseo eonni” sapa hormat seorang yeoja berparas cantik dan imut  adalah junior nya saat  di Sekolah menengah.

“eo! Ah ri-ya . ada apa ? kau datang pagi sekali” tanya yoon hee

“eo.. eonnie kemarin aku  mendapat kabar kalau aku di terima di hotae group .jadi, hari ini aku mulai berkerja disini , yaa walau hanya karyawan magang.” Jelas ah ri .

“waah chukhae.. chareseo”  kata yoon hee memberikan selamat pada sang junior.

“eonnie.. ani, sunbae karena kau disini adalah senior ku jadi aku akn memanggil mu sunbae.. jadi, sunbae-nim mohon kerjasama dan bantuannya”.

“geurae.. arraseo” yoon hee pun duduk di meja kerja nya. Sudah ada seberkas file yang harus ia kerjakan hari ini.

Ia pun menyalakan komputernya, kemudian membuka akun jejaring sosial nya dan melihat sebuah foto dan ia teringat akan sesuatu.satu kenangan yang benar-benar ia ingin lupakan  namun ia tak mampu.

 

 

Flashback ..

Musim Semi , March Se Jong High School…

 

Musim dingin  yang berlalu telah berganti menjadi musim semi di awal maret dan bulan ini adalah bulan ini adalah bulan yang benar-benar menyiksa  bagi  yang berstatus ‘pelajar sma’.yaa apalagi yang lebih menyiksa kalau bukan ‘ujian evaluasi sekolah’ yang diadakan tiap akhir semester.  Yang lebih menyiksa di tambah  beberapa sistem yang di ubah. Yaitu  dalam satu ruang ujian  terdapat 20 siswa tingkat pertama  dan 20 siswa tingkat ke dua yang di pilih secara acak.

Membuat  para siswa  memiliki peluang lebih kecil untuk menyontek. Stress. Satu kata untuk para pelajar SMA  yang harus berkutat dengan  lembaran kertas putih  yang berisi soal-soal yang harus di jawab dalam waktu yang di tentukan.

Dan dengan perubahan sistem baru ujian ini juga sebuah takdir yang tak terelakkan terjadi. Dua dari mereka tak mampu menghindari nya ..

Ting tong ting tong ting tong … bel sekolah berbunyi  tanda  ujian akan segera di mulai. Para siswa pun bersiap-siap untuk memulai ujian mereka. Tak terkecuali dengan yoon hee , yoon hee menutup buku nya lalu mempersiapkan segala sesuatu nya yang di perlukan  untuk ujian nya.  Ia kemudian menghela nafas nya berat, rasa nya hal seperti ini benar-benar membuat diri nya stress. Bagaimana tidak? Jadwal pertama hari ini adalah matematika . yaa jujur dia sangat membenci nya. Ditambah guru nya yang benar –benar ia  tidak sukai.membuat nya lebih banyak membenci nya melebihi apapun.

Yoon hee menyapu  pandang nya ke sekeliling  kelas. Di lihat nya bangku di samping nya kosong tanpa penghuni. Padahal,dilihat nya  ada dua  nomor kode ujian yang tertempel di meja. Lalu ia melihat ke sudut  ruang kelas bahkan teman nya sae ri  mempunyai rekan . dan seorang namja pula.  Besar rasa ingin tahu nya   muncul  di benak nya. Dilihat  jam tangan nya  07.25 am  yang arti nya  lima menit lagi ujian akan di mulai. Tiba-tiba  seseorang  datang  dan duduk tepat di samping yoon hee,kini bangku  yang kosong tanpa penghuni sudah terisi oleh seorang namja .

Yoon hee sedikit melirik lalu langsung mengalihkan pandangan nya ke arah lain.

“kau darimana saja? Sepersekian  detik saja  kau telat  habislah kau”  dengus seorang yeoja  yang duduk tepat di depan yoon hee.  Namja itu hanya  tersenyum simpul  penuh arti

“ itu tidak berlaku untukku,babo”  kata nya dengan santai.  Yoon hee kembali melirik namja di sebelah nya  di lihat tag nama  di seragam nya bertuliskan ‘byun baek hyun’ . sang namja menoleh ke arah yoon hee  sesaat lalu  mengalih kan pandangannya ke selembar kertas  putih.

“hfft.. aku harus menghabis kan 3000 won hanya untuk ini” gerutu nya entah pada siapa sambil menggengam  kartu ujian yang di maksud.

“yak.. kau bawa ini ? ( sambil menunjukkan kartu ujian yang di maksud). Yoon hee tampak bingung dan hanya menganggukan kepala tanpa bersuara apapun dan mengambil nya dari tas.

“siapa suruh kau tidak bawa?” tiba-tiba kang songsaeng-nim sudah berdiri di samping yoon hee dan memberikan lembar soal dan jawaban lalu melanjutkan langkah nya lagi.

“hhh.. ikut campur saja. Tau tidak hoobae-a dia memang seperti itu? Apa dia mengajar di kelas mu?” tanya nya pada yoon hee.  Yoon hee hanya tersenyum kecil  “anindeyeo..” yoon hee lalu melanjutkan aktivitas nya kembali. Baru saja yoon hee ingin mengerjakan soal nya, sebuah tangan sudah merebut nya lebih dulu.

“hehe.. pinjam sebentar , aku ingin lihat soal nya.”  . yoon hee  tampak bingung  dengan kelakuan sunbae nya, namun ia mencoba untuk bersikap biasa saja.

“waahh.. soal nya mudah sekali. Kau beruntung jadi siswa tingkat pertama.” Ujar nya lalu memberikan kembali  soal nya pada yoon hee.

Hari berikut nya pun sama seperti hari sebelum nya. Dan hari ini  adalah hari terakhir ujian.  Dan di jam terakhir, yoon hee telah selesai mengerjakan soal –soal nya dan mengumpulkan ke pengawas jang songsaeng-nim . sedangkan ‘teman sebangku nya’ atau ‘sunbae’ nya masih  sibuk mengerjakan soal-soal nya.

“hoobae-a kau sudah absen ke guru jang ?” .

“ne.sudah” jawab yoon he singkat.  sunbae nya menatap yoon hee seaat  lalu beranjak dari bangku nya  untuk mengumpulkan soal nya. ‘isanghae’ gumam yoon hee pelan.  Yoon hee pun keluar dari ruangan  dan menunggu teman nya yang belum keluar.  Dan mata yoon hee terus menatap lekat sunbae nya. “yoon hee-a kajja..”  kata sae ri yang telah keluar dari ruang ujian.

Yoon hee tak bergeming mata nya masih menangkap sebuah pandangan objek yang sama. Hati nya terasa berat meninggalkan  tempat itu entah mengapa. “yoon hee-a wae geurae?”. Barulah yoon hee tersadar. “aniya.. kajja” kata yoon hee  . mereka pun meninggalkan tempat itu.

***

 

“sae ri-a aku merasa aneh dengan sunbae yang duduk dengan ku” kata yoon hee sambil menatap ke arah luar.

“wae? Yaa sepertinya kau benar aku juga merasa begitu. Kalau dilihat-lihat dia sangat baik,banyak bicara  dan interaksi dengan mu” sae ri menanggapi sambil memainkan ponsel nya.

“benarkan? Kau merasa seperti itu kan ? yaa aku juga . bisa dibilang  dia adalah satu-satu nya sunbae namja yang benar-benar banyak bicara dengan ku. Sebelum nya juga  aku duduk dengan seorang sunbae namja tapi,ia tak banyak bicara seperti baekhyun sunbae.” Kata yoon hee antusias dengan bahan pembicaraan nya dengan sae ri.

“baek hyun? Seperti nya dia anak yang pintar. Dia juga masuk kelas favorit kan? Seperti kita. Keunde.. yoon hee-a  dia itu memang type  orang nya seperti itu atau  dia punya ‘sesuatu hal yang lain’ pada mu?” sae ri mulai menterka-terka tentang sikap  baek hyun sunbae.

“ maksudmu?”   yoon hee tak mengerti apa yag di katakan sae ri. “eii.. kau tak paham juga? Sunbae itu .. mungkin saja dia menyukaimu” jelas sae ri.  Alis yoon hee naik dan saling bertautan, bingung ? entah dia juga tak tau pasti. “entahlah”

Seminggu pun berlalu tanpa yoon hee sadari ia terus memikirkan sikap sunbae nya  bahkan setelah ujian berakhir.  Dan ia mulai menyadari sikap sunbae nya selama ini. Dan jawabannya adalah benar-benar berbeda. Dia bukan saja baik , banyak bicara. Tapi dibalik  sikap nya itu yaa  kata ‘perhatian’ cocok untuk mendekskripsikan  sikap nya terhadap yoon hee.

***

 

Yoon hee berjalan seorang diri di koridor  sekolah  lantai 2 sekolah nya. Hari masi cukup pagi ,sehigga belum  banyak  orang  lalu lalang  di koridor  ataupun lingkungan sekolah. Yaa maklum saja rumah yoon hee yang jauh  dari sekolah membuat nya  harus datang lebih pagi dari siswa lain  untuk menghindari kata’terlambat’ masuk kelas.

Ia pun menuruni tangga menuju  kantin. Untuk bersantai sembari  menunggu bel  masuk.  Langkah nya tiba-tiba terhenti  ketika pandang nya menangkap sosok namja  yang  ada di hari-hari nya  akhir-akhir ini . benar . ‘baekhyun sunbae’.

Mereka berjalan berlawanan arah. Mata yoon hee tak berkedip .kaki nya terasa berat untuk melangkah. Sambil berjalan  namja itu menatap yoon hee lalu tersenyum simpul   dan  kembali  melanjutkan berbincang dengan teman nya. Lalu melewati yoon hee yang masih memaku  di tempat nya. Setelah sunbae nya berlalu barulah ia bisa bernafas kembali.begitu juga  fungsi organ tubuh nya yang lain  baru berfungsi kembali. Ia pun melanjutkan langkah nya menuju kantin.

***

19th april 2012

 

Hari ini  jadwal pulang siswa se jong high school  lebih awal.  Yoon hee dan sae ri pun pulang bareng  untuk mengunjung teman mereka yang sakit.

“yoon hee-a  kita lewat sini saja. Jalan biasa sedang di perbaiki” kata sae ri . yoon hee pun menyetujui nya akhir nya mereka lewat jalan yang lebih jauh   dari yang biasa nya.

“yoon hee-a bagaimana  sunbae mu itu”  tanya  sae ri. Yoon hee tak menjawab dan masih melanjutkan langkah nya.

“rumor yang beredar,aku dengar dia sudah punya ‘yeochin’. Kau tau itu yoon hee-a?”   tanya sae ri lagi. Pertanyaan sae ri kali ini sukses membuat  raut wajah yoon hee berubah seketika . terkejut. Itu terlihat jelas di wajah nya.  Hati nya merasa tidak senang setelah sae ri mengatakan hal itu.cemburu?. mungkin saja begitu.

Tapi,itulah yang dirasa yoon hee sekarang.bahkan alis nya saling bertautan.sudut bibir nya ingin mengatakan segala hal  yang mengatakan bahwa itu  tidaklah benar.

“benarkah ?  na molla.. aku tidak pernah mencari tahu tentang baek hyun sunbae”  jawab yoon hee asal saja.

“ kau menyukainya ya?” tanya sae ri tiba-tiba.

“a-apa maksudmu?” jawab yoon hee terbata-bata memperjelas  kalau jawaban nya adalah ‘iya’.

“ahh aniya. Lupakan saja sunbae mu itu.” Kata sae ri lagi. Ia kemudian menghentikkan langkah nya, menyipitkan mata nya untuk menangkap sebuah objek  yang jauh dari tempat mereka berdiri  mungkin dapat memperjelas apa yang ia lihat.

“ yoon hee-a  bukan kah itu  baek hyun sunbae? Yeoja itu.. solma,, yeochin nya?” (ujar sae ri sambil menunjuk ke arah dua orang yang sedang berjalan  tampak jauh di depan nya)  yoon hee pun menegaskan pengelihatannya. Dan wajah yoon hee  berubah seketika. Terkejut. Entah kenapa nafas nya terasa tercekat saat ini. Nyeri. Itu yang dirasakan di dada nya. Hati nya benar –benar sakit  melihat kenyataan ini . shock ! . satu kata  yang tepat  mendeksripsikan  perasaan yoon hee saat ini.

Bukan ‘hanya teman’ nama nya jika apa yang dilihat yoon hee saat ini mereka sedang berpegangan tangan .“ yoon hee-a gwaenchanha?mianhe,yoon hee-a  harus nya kita tidak usah lewat sini”.

“aniya. Jalan ini satu-satu nya yang harus kita lewati.kajja”.   yoon hee dan sae ri pun jalan tepat di belakang mereka. Dan kini sunbae nya telah berada di sebrang jalan,sedangkan yoon hee masih  berdiri  di sebrang sisi jalan yang lain.

Yoon hee menyaksikan sendiri  pemandangan yang benar –benar  seharus nya ia tak lihat  secara langsung.  Dan dari sebrang jalan tempat baek hyun berdiri dua mata  menatap  lekat  yoon hee yang berdiri di sebrang jalan. ‘rasa bersalah’ terpancar jelas di mata nya . entah  mengapa baek hyun menunjukkan tatapan itu  pada yoon hee.

Hati nya juga merasa bersalah. Ia merasa ia telah melukai seseorang yang sebenar nya mempunyai satu ‘artian’ tersendiri tanpa ia sadari. ‘mianhe’ ujar nya pelan. “baekhyun-a kajja” ujar yeoja cantik di sampingnya yaitu  yeochin nya.

Waktu berlalu  sebulan , dua ,tiga seterusnya.. sampai akhir nya satu tahun berlalu .baek hyun  sunbae  lulus  dari se jong high school . yoon hee tak pernah sekalipun menyatakan perasaan apapun pada sunbae nya itu.

Kini , ia sudah terbiasa  tak ada lagi seseorang yang selalu menarik bagi nya, membuat nya ingin terus  berada di sekolah, tak ada lagi seseorang yang mengisi hari-hari nya. Semua nya  telah kosong tanpa jejak. Kenangan . yaa hanya itulah yang tersisa. Dan satu hal lagi mungkin  baek hyun sunbae tak akan pernah terhapus di lubuk hati yoon hee entah untuk berapa lama lagi.

4 musim dalam satu tahun ia jalani  seorang diri. Tak terasa satu tahun berlalu lagi..  ‘menunggu’ kata yang benar-benar tepat untuk yoon hee sekarang ini. Yaa mungkin di mulut ia tak pernah mengatakannya tetapi hati nya  yang berkata lain.

Beberapa bulan lagi yoon hee lulus dari SMA , bahkan tak satu hari pun  dari 300 hari ia bersekolah   baek hyun datang.walau bukan untuk mengunjungi nya.tapi,hanya sekedar berkunjung saja ia sama sekali tak pernah muncul. Menungggu lagi,lagi,dan lagi  namun  benar benar ‘nol’ hasil nya. Ia pergi tanpa tau perasaan yoon hee lebih dulu.

Flashback off ~

***

 

“yoon hee-a ada tamu untuk mu.”ujar timjang-nim  . yoon hee tak bergeming,ia masih menatap lekat layar  pc nya, kemudian timjang-nim nya mencolek bahu yoon hee. Barulah ia tersadar dari lamunan nya.

“ada tamu,dia seorang namja.” Jelas timjang-nim nya lagi.

“namja?” yoon hee pun beranjak dari kursi nya dan menemui tamu yang dimaksud. Yoon hee sedikit terkejut karena namja itu adalah baek hyun sunbae.

“s-sunbae? Untuk apa kau kesini”

“ahh..itu, aku tadi selesai rapat kerja dengan rekan ku. Jadi aku kesini sebentar untuk melihat mu bekerja. Bisa kita bicara sambil  minum coffe?” ajak sunbae nya. Yoon hee pun  tak menolak nya walau sebenar nya ia agak bingung dengan sunbae nya.

”bagaimana dengan rekan mu subae?dia tidak ikut?” tanya yoon hee. Sambil berjalan menuju cafe yang tak jauh dari kantor nya.

“keuge.. dia kembali ke kantor duluan. Karena ada urusan.” Yoon hee pun hanya menganggukan kepala nya  lalu diam

***

 

Mereka pun sama –sama menyesap coffe mereka  masing-masing. Hening . tak satupun dari mereka yang memulai pembicaraan.

“ cham.. aku lupa siapa nama mu?” kata baek hyun sunbae sambil menggaruk kepala nya yang tak gatal. “song yoon hee. Sunbae mau mengatakan apa pada ku?”  tanya yoon hee sambil sekali lagi ia menyesap coffe nya.

“kau.. sudah  punya pacar?” tanya baek hyun sunbae spontan. Alis yoon hee saling bertautan  bingung harus menjawab apa. “nan ajik.. sunbae-neun?” yoon hee balik bertanya.

“aku..” belum sempat ia menjawab pertanyaan  nya yoon hee mengelak “sunbae..hal yegiga isseoseo “( ada satu hal yang ingin ku katakan). “ marhae yoon he-a”  sorot mata baek hyun seperti benar-benar menunggu hal apa yang akan yoon hee katakan.

“nan.. nan sunbae neol chuahe. Sejak dulu”  baek hyun sedikit terkejut mendengar kata-kata  hoobae nya tersebut. “m-mianhe yoon hee-a tapi,aku baru saja mau bilang pada mu  kalau  aku  sudah menikah. Jeongmal mianhe.”

Dengan menahan segala rasa sesak dan air mata yang hampir terjatuh di pelupuk mata nya ia menguatkan diri nya. “ani,sunbae . gwaenchanha jeongmal.. aku tahu akan seperti ini jadi nya , dan ternyata aku benar –benar telat. Tapi ada satu hal yang ingin aku tau dari mu… apa kau dulu menyukaiku?”  baek hyun tak segera menjawab . ia menghela nafas nya berat .

“ aku meyukaimu. Tapi perlu kau tau ada satu hal yang aku sesali.. aku terus memikirkan mu bahkan setelah aku menikah,aku menyesal tak mengatakan lebih awal  tentang perasaan ku pada mu yoon hee.

Aku memilih orang lain untuk menjadi pendamping hidup ku.aku benar-benar menyesali itu.” Air mata yoon hee jatuh tak tertahan lagi. “aniya. Jangan salahkan diri mu. Bertemu dengan mu saja itu sudah membuatku senang. Tuhan mempertemukan kita kembali.tapi,tuhan tak mempersatukan kita. Aku yakin ini sudah garis kehidupan kita dari tuhan oppa. Masih banyak  hal yang harus ku urus. Dan terimakasih sudah mau mendengar pengakuan ku,itu membuat ku lega.aku pergi dulu oppa”

 

 

–THE END–

 

Anyeonghaseo !! Readers-nim ^^ Ini post pertama ku   sebagai writer aktif yang baru saja masuk ke Sekolah Gallery Exo Fanfic  #pelukBaekhyun #abaikan  😀 . Pertama , note nya tinggalkan jejak kalian yang udah baca  FF ini yaa ..

Aku gak tau pasti kenapa bisa buat FF ini   yang  emang nyata nya yaa dari  REAL pengalaman aku. Dulu ,suka banget sama Senior di MTs   dia   itu   baik   bangetlahh   pokok nya. Dan menurutku sih mirip banget DongHyun Leader Boyfriend , tapi .. mungkin mata saya ajah yang gak bener.  #curhat

Dan jika respon dari kalian dari FF ini bagus , yaa insyaallah aku akan buat sequel . gak janji sihh tapi , akan di usahakan lah . okay ? okay ajalah yaa .. Mungkin gitu ajah gak ada yang penting  banget . SEKIAN ^^ .  Rahay Kim a.k.a  ExoLBaekkie Baekhyun

Iklan

7 pemikiran pada “[Oneshoot] Can’t Stop

  1. wah konsep ceritanya bagus deh cuma maaf ya tapi kayanya cerita akhirnya kurang seru kurang greget gitu padahal diawal udh seru. terus kayaknya ada beberapa kata yang kurang pas tadi meskipun artinya sama tapi kalau dibaca jd nggak terlalu enak,tetap semangat buat karya selanjutnya ya ! ^_^

    Suka

  2. wah konsep ceritanya bagus deh cuma maaf ya tapi kayanya cerita akhirnya kurang seru kurang greget gitu padahal diawal udh seru. terus kayaknya ada beberapa kata yang kurang pas tadi meskipun artinya sama tai kalau dibaca jd nggak terlalu enak,tetap semangat buat karya selanjutnya ya ! ^_^

    Suka

  3. Hai Rahay.
    Cerita yang kamu buat sudah cukup bagus. Posternya juga cantik banget ^^

    Cuma ada beberapa hal aja yg musti saya sampein ke kamu.
    Pertama, sebaiknya sebelum publish fanfics kamu, lebih dulu kamu baca ulang dan edit lagi. Aku cukup banyak menemukan typo di ff kamu ini. Yang simple aja misalnya, masalah tanda titik dan tanda koma. Tanda titik dan tanda koma, itu dilekat kan setelah kata terakhirnya dan kamu perlu spasi sebelum memulai kata baru.
    Kemudian tanda petik. Tanda petik biasanya ga ada spasi sebelum kata dan setelah kata. Tanda petik selalu dilekatkan dengan kata yang mengikutinya.
    Setelah tanda titik sebaiknya kamu memakai huruf besar untuk memulai kalimat baru. Kamu juga perlu memperhatikan spasi setiap kata. Spasi tiap kata akan lebih baik jika tidak lebih dari satu spasi. (Ini juga untuk mengurangi pekerjaan admin penyunting, kasian kalau mereka harus nyunting penuh tulisan kamu). Kamu bs baca di page book collections yang common EYD mistake di blog ini untuk mempercantik tulisan kamu.

    Kedua. Akan lebih bagus tulisan kamu kalau ga memakai banyak kata2 korea, reader yg lebih muda akan lebih mudah mengerti tulisan kamu. Dan juga terkadang kita ga tau itu bahasa korea kita sudah benar apa belum.

    Ketiga. Avoid (hindari) menulis @bus @pulang sekolah @cafee dsb. Kurasa itu cukup mengganggu. Daripada kamu tulis begituan, lebih baik kalau kamu deskripsikan ditulisan suasana dan setting yg digunakan.

    Itu aja sih saran dari aku. Maaf kalo ga berkena. Hanya berharap tulisan kamu bs lebih indah dari sekarang ini karena ceritanya udah cukup bagus.
    Saran aku sebaiknya kamu baca cara menulis fanfiction yang menarik. Kalau ga salah ketua admin di blog ini sudah pernah mempublish di salah satu pages di sini. Atau kamu juga bs buka blognya si diramadhani (the biggest author and admin here). Dia juga pernah publish cara menulis fanficton ^^

    Selamat belajar dan terus berkarya. Rahay…

    Disukai oleh 1 orang

    • Iya kak … Makasih atas kritik dan saran nya . .
      Aku akan lebih baik di FF ke depan nya , aku akui emang aku agak males buat edit -mengedit lagi karena alu publish dari hape jadi agak ribet kak hehehe maaf yaa . . tapi , ke depan nya aku akan lebih baik dan akan di tingkatkan lagi cara penulisan nya terimakasih banyak 🙂

      Suka

Review And Chat here!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s