Mengulas tentang FanFiction

Mengulas tentang FanFiction

Oleh : Gallery of EXO School.

________________________________________

Diterbitkan : Gallery of EXO School. https://galleryofexofanfic.wordpress.com exoschgallery@yahoo.com

Copyright : DON’T COPY AND REPOST

6190715-copyrighted-material-sign

Kata Pengantar

Apa itu FanFiction?

.

.

.

Apa itu FanFiction?

Fan Fiction atau lebih akrab disebut FanFic, FF atau Fic adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar /Fan berdasarkan kisah, karakter atau latar yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk film, komik, novel, selebritis dan karakter terkenal lainnya.

Plot sebuah Fanfic merupakan hasil imajinasi para fans. Konsep sederhana yang digunakan dalam menulis sebuah fanfic adalah “What if…” atau “Bagaimana jika…”. Dengan konsep itu fans bebas berimajinasi mengenai karakter kesayangan mereka. Fanfic menjadi sebuah art-project yang menyenangkan bagi seorang fans disamping proyek lain seperti membuat wallpaper, scrap book, craft design, atau art work lainnya yang menyangkut bintang atau karakter pujaannya.

FanFic biasanya hanya digunakan sebagai kepuasan batin penciptanya, tanpa mengharapkan keuntungan material apapun.

Untuk menghindari tuntutan mengenai hak cipta, penulis fanfic biasanya mencantumkan kategori “fanfic” dalam tulisannya dan memberikan disclaimer, semacam pengakuan hak cipta, untuk penulis aslinya. Sedangkan untuk menghindari protes atau pertanyaan dari fans lain, biasanya para penulis fanfic selalu memberikan sedikit catatan-catatan “peringatan” atas variasi-variasi eksperimen yang dia gunakan dalam fanfic-nya. Fiksi adalah karya imaginer dan estetis yang menceritakan interaksi dengan dirinya sendiri, dengan tuhannya, atau dengan sosialnya.

FanFic digunakan untuk kepentingan dan kepuasan pribadi penulis dan membaca, tanpa imbalan atau upah apapun. FanFic tidak untuk di terbitkan sebagai buku dan dijual bebas di pasaran, untuk keterangan lebih jelas baca artikel berikut di sini.

_____________________________________________

Rating dalam FanFiction

  • G (General) : Untuk semua umur/usia. Biasanya menggunakan bahasa yang mudah dipahami, serta tidak melibatkan adegan-adegan yang berkaitan dengan “Percintaan” Seperti kiss scene dan sebagainya. Juga tidak melibatkan adegan perkelahian, pembunuhan, perampokan atau hal-hal lain yang mencontohkan perbuatan yang tidak baik.
  • PG-13  (Parental Guidance under 13) : Untuk anak usia 13 tahun keatas, dengan panduan orang dewasa. FanFic ini bisa saja mengandung unsur percintaan seperti adegan-adegan Kiss Scene namun hanya ringan. Dan juga mengandung adegan perkelahian, namun pula masih dalam konteks aman untuk usia 13 tahun keatas. (Tidak mengandung adegan seks, ciuman kasar, pembunuhan, mutilasi, Drug, kata-kata pencancian, dsb)
  • PG-15 (Parental Guidance under 15) : Untuk usia 15 tahun keatas, dengan panduan orang dewasa. FanFic ini sudah mulai menggunakan adegan-adegan yang lebih meningkat. Namun tentu saja, masih dalam pengawasan orang yang lebih dewasa. Untuk adegan pembunuhan dan kekasaran sudah dapat dimuat. Namun, Fanfic rating ini tidak boleh mengandung adegan seks, narkoba, mutilasi (pembuhan kejam dengan memotong tubuh korban, biasanya pada FF bergenre thriller & psyco)
  • NC-17 (No Childern under 17) : Maksudnya, usia dibawah 17 tahun  tidak diizinkan untuk membaca FanFic berating ini. FanFic ini menggunkan bahasa yang kasar, mulai menunjukan adegan seks, Sedangkan narkoba, dan pembunuhan kejam (mutilasi)  masih tidak diizinkan pada rating ini
  • NC-21(No Childern under 21) : Usia dibawah 21 tahun DILARANG membaca FanFic ini. FanFic berrating ini menggunakan bahasa kasar, adegan Psyco, Seks kasar, penggunaan Narkoba dan rokok.
  • K ( Kids) : Setara dengan rating General
  • K+ (Kids +) : Setara dengan rating PG-13
  • T  (Teenager) : Setara dengan rating PG-15
  • M (Mature) : Setara dengan ating PG-17
  • M+ (Mature+) : Setara dengan rating PG-21

_____________________________________________

Genre dalam Fanfiction

  • Action, Genre yang melibatkan adegan tembak-menembak, perang dan perkelahian.
  • Advanture, Genre yang melibatkan adegan petualangan seperti petualangan di pegunungan, bahkan petualangan menggunakan mesin waktu, kisah seseorang yang tersesat di hutan, atau di tempat terpencil yang pada akhirnya melibatkan adegan para tokoh menyelamatkan dirinya untuk kembali dengan petualangan.
  • Angst, Genre yang menceritakan kehidupan tokoh yang penuh dengan kesedihan, biasanya melibatkan emosi hingga membuat pembaca mengorbankan air mata mereka ketika membaca. Dan kebanyakan berakhir tragis dan sad ending.
  • Band Fic, Genre yang menceritakan kehidupan nyata tokoh, seperti misalnya EXO hidup sebagai EXO di FanFic tersebut melaksanakan konser dan menceritakan kehidupan Dorm mereka seperti kenyataan dalam kehidupan mereka. Biasanya bertokohkan anggota Grub Band seperti Girl Band atau Boy Band
  • Bromance, Genre yang menceritakan hubungan dua laki-laki yang saling menyayangi namun tidak dalam konteks
  • “Love” seperti dalam kisah Yaoi, namun mereka terlihat saling peduli
  • Brothership, Genre yang menceritakan kehidupan kakak-beradik tokoh utama laki-laki.
  • Comedy, Genre cerita yang mengandung unsur Humor/lawak yang biasanya membawa pembacanya untuk tertawa saking kekonyolan tingkah tokoh, atau situasi pada FanFiction yang bersangkutan
  • Death Fict, Fanfic yang salah satu tokoh utamanya meninggal dunia dengan tragis.
  • Drama, Genre yang memiliki permasalahan yang kompleks. Lengkap, dan membuat pembaca larut dalam cerita. Dan mengandung Konflik yang rumit
  • Family, Fanfic yang menceritakan kehidupan keluarga dan hubungan keluarga para tokohnya.
  • Fantasy, FanFic yang menceritakan unsur imajinasi pembuatnya. Biasanya merupakan dunia sendiri yang diciptakan imajinasi pembuatnya, dunia-dunia itu seperti dunia pada masa lalu, kehidupan kerajaan, tokoh memiliki kekuatan magic, kehidupan planet lain, monster-monster, werewolf dan imajinasi yang lainnya. FanFic ini sangat bebas tanpa ketentuan tertentu. Hanya bergantung pada imajinasi hebat penulis.
  • Fluff, Bergenre Fluff intinya menceritakan sebuah kisah manis dan ringkas yang langsung Happy ending.
  • Friendship, menceritakan persahabatan tokoh-tokoh utamanya.
  • Genderswith, FanFic yang mengubah tokohnya, laki-laki menjadi perempuan, dan perempuan menjadi laki-laki. FanFic ini biasanya di miripkan dengan Yaoi dan Yuri.
  • Horror, FF yang menyeramkan dan mengerikan. Biasanya bersifat mencekam
  • Hurt, Berisi tentang emosional tokoh yang menyakitkan dengan sisi kanan yang menyenangkan
  • Mystery, berisikan cerita yang menegangkan dan biasanya berkaitan dengan keadaan kriminal seperti pembunuhan. Dan mengandung cerita yang memiliki misteri tertentu.
  • Psycology, mengandung unsur-unsur Psycology, keadaan jiwa tokohnya,  kepribadian ganda, sleepswalk, dan keadaan kejiwaan lainnya
  • Romance, menceritakan kisah cinta tokoh utamanya
  • Sad, berisi tentang kehidupan tokoh yang berjalan atau/dan berakhir menyedihkan
  • School life, berisi tentang kehidupan sekolah tokoh seperti kehidupan sekolah yang biasanya (tokoh berperan sebagai siswa)
  • Sci-Fi, mengandung unsur sains/ ipa di dalamnya
  • Song Fic, FanFic yang terinspirasi dari sebuah lagu. Dan ceritanya diambil berdasarkan lirik lagu tersebut. Seperti mengisahkan lagu tersebut ke dalam bentuk cerita yang lebih panjang.
  • Supranatural, FanFic yang mengandung unsur supranatural dan roh-roh halus didalamnya. Serta menceritakan hal-hal diluar nalar, seperti kemampuan sihir, indra keenam, serta kemunculan dunia lain di sebrang dunia nyata.
  • Thriller, Mengandung adegan yang mencekam, menegangkan bahkan mengancam nyawa tokoh, mengandung adegan mutilasi dan pembuhan tanpa kemanusian seperti pembunuhan dengan menggunakan pisau tumpul kemudian memotong tubuh tokoh nya.
  • Yaoi, cerita yang mengisahkan kisah percintaan antara laki-laki dengan laki-laki.
  • Yuri, cerita yang mengisahkan kisah percintaan antara perempuan dengan perempuan.

Length of your fanfiction

  1. Drabble : FanFic dengan panjang kurang dari 100 kata.
  2. Ficlet : FanFic dengan panjang lebih dari 100 kata, kurang dari 1500 kata.
  3. Oneshoot : FanFic yang dibaca sekali duduk dengan kata lebih dari 1500 kata.
  4.  Twoshoot : FanFic 2 Chapter yang perchapternya sepanjang oneshoot.
  5. Multichapter : FanFic panjang yang dibagi-bagi menjadi beberapa bagian.

Istilah-Istilah

  1. Desclaimer : Karena FanFic tidak memiliki Hak cipta, seorang penulis akan menuliskan hak ciptanya dengan di tandai oleh kata “Desclaimer“. Sebenarnya ini merupakan kewajiban untuk tidak meng’klaim’ pemain-pemain yang merupakan tokoh nyata.
  2. Bash : Pada arti sebenarnya (kamus) Bash artinya menampar. Namun di sini,  diartikan  perbuatan dengan meninggalkan comment berupa sindiran, ejekan, dan menginggung karena tidak menyukai Cast, alur, lattar dan faktor lainnya.
  3. Flame : Flame hampir disamakan dengan bash, namun flame lebih menuju kepada kritikan pedas, sedangkan bash lebih menjelek-jelekkan.
  4. Plagiat : Peniruan terhadap karya orang lain entah itu alur, atau kejadian dengan konteks sama persis.

___________________________________________

How To Write FanFiction?

1. Inspiration

Bagaimana sih cara mendapat inspirasi?

Sebenarnya, mencari inspirasi bukanlah hal yang sulit. Alasannya?

Sederhana saja, tanpa perlu berimajinasi, kita bisa membuat sebuah peristiwa kecil menjadi menarik, tergantung cara kita membangun fiksi tersebut hingga menjadi kuat. Kejadian mini seperti jatuh dari sepeda pun bisa menjadi menarik jika kita menggambarkannya dengan baik.

Tapi, jika memang kita ingin membangun sebuah fanfiction dengan mewujudkan mereka di angan terlebih dahulu sebelum menulis, kita bisa memperbanyak membaca novel, cerpen, atau fanfiction-fanfiction yang berkualitas, menonton film dan drama korea, dan lebih memperhatikan sekeliling dan mencatat dalam angan apa saja yang terjadi.

Misalnya, ketika kita bahagia, kita sendiri yang benar-benar merasakannya, maka kita bisa merangkum bagaimana kebahagiaan itu dan mencatatnya di dalam pikiran, seperti, jantung berdebar sangat kencang, keinginan untuk melompat sangat kuat, dorongan untuk tersenyum lebar, keinginan untuk berteriak, dan sebagainya. Karena pada suatu waktu, ketika kita ‘butuh’ menggambarkan kebahagiaan, kita mempunyai bahan untuk ditulis.

Sedangkan kembali ke inspirasi sendiri, sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Hanya seberapa kuat angan kita untuk mengeksplor keadaan sekitar dan menuangkannya dalam bentuk tulisan.

2. Penulisan

Tata Bahasa

Tata bahasa baik adalah menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Di sini bukan diartikan kita harus benar-benar tepat, karena sekali lagi fanfiction adalah wadah untuk berinspirasi yang benar-benar bebas, hanya saja, mempertimbangkan keinginan kita untuk menulis sesuatu yang lebih baik, kita bisa menghindari penulisan yang kurang tepat dan menganggu seperti :

  1. “Lu, kenapa Lu kesini? Ada masalah Lu sama Gua?”  [Bukankah lebih baik jika seperti ini :  “Kau, kenapa kau datang kemari? Ada masalah antara kau dan aku?”]
  2. Pgi2 lelaki itu prgi k tmpt yg tlh ia janjikan di hr itu. [Bukankah lebih nyaman dibaca apabila seperti ini :  Pagi-pagi lelaki itu pergi ketempat yang telah ia janjikan hari itu.]
  3. “H4h4h4, kAu B0DoH skleee Eoh? ke5na saja kau sel4m4 ini? Apa 7-anmu sebenarny?” [Bukankah terlihat lebih nyaman jika seperti contoh berikut : “Hahaha, kau bodoh sekali, eoh? Kemana saja kau selama ini? Apa tujuanmu sebenarnya?”]

Kemudian, kita bisa mengurangi penggunaan bahasa asing yang kita tidak benar-benar mengerti, misalnya penggunaan bahasa korea yang berlebihan, pertama, karena tidak semua pembaca dapat berbahasa asing, kedua, terkadang kita sendiri abstrak akan benar atau salahnya. Sehingga, lebih baik dan disarankan untuk dihindari demi kenyamanan membaca.

Kemudian, dalam tata bahasa, kita mengenal Ejaan Yang Disempurnakan atau EYD, dan kami telah merangkum kesalahan ejaan yang paling sering dijumpai di fanfiction dalam artikel berikut

***

Daftar Pustaka :

Diambil dari berbagai sumber dengan perubahan.

Edisi revisi 19 September 2015

Review And Chat here!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s